Pantai

Kota Cantik Bernama Kotor

Iyes, nama kotanya Kotor di Montenegro. Meski namanya Kotor, kota ini bersih, lebih bersih dari Jakarta *ya eyalaa. Buat saya, ini adalah salah satu kota terfavorit di Eropa dari beberapa kota yang pernah saya sambangi sebagai turis di sana. Emang ada apaan sih di Kotor? Kota ini terletak di tepi laut Adriatik, tepatnya Teluk Kotor, dan dikelilingi gunung. FYI, Montenegro atau nama lokalnya Crna Gora artinya “gunung hitam”. Pemandangannya okeh, ada kota tua dan benteng juga. Jadi pas lah ada wisata alam dan ada wisata kota. (more…)

Advertisements

Berlayar di Komodo dengan Kapal Phinisi

Berwisata di Taman Nasional Komodo sekarang sudah cukup mudah. Banyak operator menawarkan paket trip LOB (live on board, menginap di kapal) selama 3 atau 4 hari. Itinerary-nya sih umumnya sama, yang pasti ada snorkeling, trekking, dan melihat komodo. Harga paket trip macam-macam, tapi berbanding lurus dengan tingkat kenyamanan kapal. Yang paling umum digunakan adalah kapal kayu medium, dan harganya bervariasi tergantung nginapnya di kabin atau dek, ber-AC atau tidak. Selain kapal medium, ada jenis kapal yang lebih bagus dan bikin saya penasaran yaitu phinisi. (more…)

Underwater Nusa Penida

Snorkeling Dengan Arus

Snorkeling adalah kegiatan yang menyenangkan, tapi setiap membaca berita-berita tentang kecelakan snorkeling, rasanya seperti diingatkan lagi bahwa bagaimana pun ini tetaplah kegiatan yang berisiko. Penyebab kecelakaan bisa macam-macam, dari kesalahan alat sampai makhluk laut, tapi salah satu yang umum adalah karena arus. Selama ini saya kalau nulis tentang snorkeling selalu yang bagus-bagusnya aja ya. Sepertinya perlu juga cerita tentang pengalaman yang… bukan buruk sih sebenarnya, tapi cukup mendebarkan juga, supaya orang-orang terutama yang masih baru dengan kegiatan ini bisa berhati-hati juga. (more…)

Menyibak Pesona Misool (Bag 1)

Udah lama nih ga jalan-jalan ala si bolang karena “sibuk” hamil dan ngurus anak. Daripada blognya lumutan, saya share salah satu trip yang udah lama tapi belum sempat ditulis aja ya. Pengalaman kedua kalinya ke Raja Ampat kira-kira akhir 2014, kami eksplor bagian selatannya yaitu daerah Misool. Meskipun udah sekira 2 taun yang lalu, daerah selatan ini masih alami dan belum booming kalau dibandingin daerah utara. Mungkin alasan kenapa masih jarang turis ke sana karena daerahnya juga masih belum begitu developed. Jalan-jalan di sana benar-benar cocok buat yang suka wisata alam, tiap hari full trekking dan nyebur. (more…)

Perjalanan Darat dari Singapore ke Phuket (Bag 3 – Tamat)

Ini adalah sambungan dari Perjalanan Darat dari Singapore ke Phuket Bag 1 dan Bag 2.

Hari 7-8: Phuket

Ngebahas Phuket sebenarnya agak antiklimaks karena kegiatan-kegiatan asiknya udah dilakukan di Krabi. Tapi ada yang bikin saya penasaran sama Phuket, yaitu kabaret ladyboy *teteup :)) (more…)

Perjalanan Darat dari Singapore ke Phuket (Bag 2)

Ini adalah sambungan dari Perjalanan Darat dari Singapore ke Phuket Bag 1.

Hari 4-6: Krabi

Minivan menjemput kami di penginapan di Georgetown untuk pergi ke Krabi. Perjalanan akan ditempuh dari pagi hingga sore. Dari Malaysia, kami masuk ke Thailand lewat kantor imigrasi Songkhla. Nama checkpoint imigrasi ini harap diingat kalau-kalau ada masalah di kemudian hari seperti yang sempat kami alami di Phuket (lebih detail di postingan selanjutnya). (more…)

Rame-Rame ke Raja Ampat (Bag 3 – Tamat)

Postingan ini udah terpendam lama, tapi saya agak sedih lanjutinnya. Bukan kenapa-kenapa, ini karena ga ada foto bawah lautnya -_- Ya udahlah, coba dibayangkan dan diresapi aja ya. Kalau saya bilang bagus ya percaya ajaaa… Hehe…

Hari 3: Arborek, Sauwandarek, Yenbuba

Hari ke-3 ini kami snorkeling seharian di pulau-pulau sekitar. Tujuan pertama ke desa Arborek. Di sini bawah lautnya bagus, ada schooling fishnya. Kami snorkeling dan loncat-loncat dari dermaga aja. (more…)

Rame-Rame ke Raja Ampat (Bag 2)

Kegiatan kami waktu pertama ke Raja Ampat ini island hopping, snorkeling, trekking, diving, dan ada sedikit excursion ke resort. Memang itinerarynya ga khusus diving, tapi tetep asik terutama buat yang baru pertama ke Raja Ampat karena bisa liat dan coba banyak hal di sana 🙂

  • Hari 1: Mioskon, Friwen Bonda, Teluk Kabui
  • Hari 2: Trekking Wayag
  • Hari 3: Arborek, Sauwanderek, Yenbuba
  • Hari 4: Raja Ampat Dive Lodge, Pasir Timbul, Waiwo Dive Resort
  • Hari 5: Diving di Friwen Bonda dan Mioskon
  • Hari 6: Waisai – Sorong

(more…)

Perjalanan Pertama ke Wakatobi (Bag 3)

Waduh, lama juga ternyata updatenya berhubung kemaren sempet sibuk sama trip yang laen. Gpp deh ditulis mumpung masih inget. Hehe…

Hari 3: Wangi-Wangi – Tomia

Setelah semalaman di laut, akhirnya pagi-pagi kapal kami mulai mendekat ke Wakatobi. Awak kapal keliling menyuguhkan kopi dan teh hangat buat penumpangnya (budget airlines kalah… hehe), dan ada juga yang meriksa tiket penumpang. Kami bayar sewa kamar ABK 100K (per kamar). Ga berapa lama kemudian kapal kami merapat di pelabuhan Wanci, Wangi-Wangi. Perairan sekitar pelabuhan ini masih cukup alami dan jernih, bahkan dari jauh bisa keliatan bintang laut di bawah air. (more…)

Perjalanan Pertama ke Wakatobi (Bag 1)

Akhirnya ke Wakatobi juga awal November ini. Buat saya, trip ke Wakatobi itu termasuk perjalanan yang mesti diniatkan. Ya antara niat ngumpulin duit buat tiket pesawatnya atau niat berlama-lama di jalan. Akhirnya saya pilih yang tengah-tengah aja. Hehe…

Btw, buat yang belum familiar sama Wakatobi… kabupaten ini ada si Sulawesi Tenggara, dan terdiri dari 4 pulau utama: Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, Binongko (thus the name Wakatobi). Kalau kata Trinity Traveler, Wakatobi ini surga di atas, surga di bawah. Ya gimana ga penasaran yaa… (more…)