Sulawesi Tenggara

Perjalanan Pertama ke Wakatobi (Bag 4 – Tamat)

Masih ngutang nulis bagian terakhir trip Wakatobi November taun lalu. Udah lama bener ya haha 😀

Hari 5: Diving di Marimabuk dan Table Coral City

Awalnya kami udah pasrah kalau di trip ini ga bisa diving. Jadi ceritanya karena kesibukan (ciyeeh), kami baru ngurus booking segala macam sekitar 1 minggu sebelumnya. Ada 2 dive center di Tomia… well, asalnya 1 tapi pecah kongsi, jadi Tandiono Dive Center (Pak Ade dkk) dan Tomia Scuba Dive Center (Dr. Yudi). Udah tanya dua-duanya, divingnya pada penuh. Seperti yang dibilang, di sini fasilitas dan DM terbatas, jadi kalau ada 1 rombongan keluarga yang diving aja kita langsung ga kebagian. Eh ternyata malam hari ke-4 kami dapat kabar kalau besoknya bisa diving sama Dr. Yudi. Yaaaay! (more…)

Advertisements

Perjalanan Pertama ke Wakatobi (Bag 3)

Waduh, lama juga ternyata updatenya berhubung kemaren sempet sibuk sama trip yang laen. Gpp deh ditulis mumpung masih inget. Hehe…

Hari 3: Wangi-Wangi – Tomia

Setelah semalaman di laut, akhirnya pagi-pagi kapal kami mulai mendekat ke Wakatobi. Awak kapal keliling menyuguhkan kopi dan teh hangat buat penumpangnya (budget airlines kalah… hehe), dan ada juga yang meriksa tiket penumpang. Kami bayar sewa kamar ABK 100K (per kamar). Ga berapa lama kemudian kapal kami merapat di pelabuhan Wanci, Wangi-Wangi. Perairan sekitar pelabuhan ini masih cukup alami dan jernih, bahkan dari jauh bisa keliatan bintang laut di bawah air. (more…)

Perjalanan Pertama ke Wakatobi (Bag 2)

Sebenernya perjalanan ke Wakatobi selama 8 hari kemaren bisa dibilang setengahnya abis di jalan 🙂 Tapi emang kami sekalian mau sedikit eksplor tempat lain sih, jadi peribahasanya sambil menyelam dua tiga pulau terlampaui (tuh, bahkan dua peribahasa pun saya singkat jadi satu :p) Akhirnya itinerarynya 3 malam di Wakatobi, 2 malam di Makassar, 1 malam di Bau-Bau, dan 1 malam di tengah laut:

  • Hari 1: Makassar
  • Hari 2: Bau-Bau
  • Hari 3: Wangi-Wangi – Tomia
  • Hari 4: Snorkeling di sekitar Tomia dan Pulau Sawa
  • Hari 5: Diving di Marimabuk dan Table Coral City
  • Hari 6: Tomia – Bau-Bau
  • Hari 7: Bau-Bau – Makassar
  • Hari 8: Fort Rotterdam

(more…)

Perjalanan Pertama ke Wakatobi (Bag 1)

Akhirnya ke Wakatobi juga awal November ini. Buat saya, trip ke Wakatobi itu termasuk perjalanan yang mesti diniatkan. Ya antara niat ngumpulin duit buat tiket pesawatnya atau niat berlama-lama di jalan. Akhirnya saya pilih yang tengah-tengah aja. Hehe…

Btw, buat yang belum familiar sama Wakatobi… kabupaten ini ada si Sulawesi Tenggara, dan terdiri dari 4 pulau utama: Wangi-Wangi, Kaledupa, Tomia, Binongko (thus the name Wakatobi). Kalau kata Trinity Traveler, Wakatobi ini surga di atas, surga di bawah. Ya gimana ga penasaran yaa… (more…)