Liburan Keluarga ke Kuala Lumpur

Sekali-kali nulis tentang liburan keluarga biar ga dikira kelayapan sendiri mulu. Hehe… Liburan kali ini spesial karena pertama kalinya si kecil ke luar negeri dan pertama kalinya liburan ke luar bareng keluarga dari Aceh. Yah walaupun sebenarnya buat yang di Aceh, ke Malaysia itu deket banget, malah lebih jauh kalau ke Bali ­čśÇ

Merencanakan liburan keluarga agak berbeda dengan liburan sendiri karena lebih banyak constraint-nya, seperti itinerary yang tidak boleh terlalu capek dan tidak terlalu banyak jalan mengingat ada orang tua yang tidak kuat jalan jauh. Makanya meskipun “cuma” ke Kuala Lumpur, saya sampai tanya-tanya teman tentang rekomendasi penginapan dan transportasi di sana. Continue reading Liburan Keluarga ke Kuala Lumpur

Advertisements

Kuliner Halal Bukit Bintang

Daerah Bukit Bintang di Kuala Lumpur cukup terkenal sebagai tempat wisata shopping dan kuliner. Ngomongin soal kuliner di sana, biasanya ga jauh-jauh dari wisata kuliner malam di Jalan Alor. Sayangnya, bagi mayoritas turis Indonesia yang muslim, kuliner di sana yang didominasi masakan Chinese kurang direkomendasikan karena kehalalannya diragukan. Kebetulan saya waktu terakhir ke sana tinggal di daerah Bukit Bintang dan bawa keluarga dari Aceh, jadi harus ekstra pilih-pilih. Kalau sendiri sih bebas haha… xD Continue reading Kuliner Halal Bukit Bintang

Pendakian Singkat di Daedunsan

Kembali ke postingan Korea, kali ini saya akan share pengalaman saya ke salah satu gunung di sana yaitu Daedunsan. Gunung Daedun ini ga begitu terkenal, bahkan seorang anak muda Korea yang saya temui di Hongdae aja ga tau :)) tapi bukan berarti ga bagus. Saya memutuskan ke sini setelah riset (halah) tentang tanggal peak autumn di gunung-gunung Korea. Untuk musim gugur, yang paling terkenal itu Soeraksan dan Naejangsan. Sayangnya peak autumn Seoraksan itu awal 20an Oktober dan Naejangsan sekitar belasan November, sedangkan saya datang sekitar akhir Oktober dan awal November. Saya emang rada perfeksionis soal tanggal-tanggalan gini :)) Baca-baca, yang peaknya sekitar awal November itu Daedunsan, jadi cuss deh ke sana. Continue reading Pendakian Singkat di Daedunsan

Warna-Warni Musim Gugur di Seoul

Banyak orang bilang musim gugur itu waktu terbaik buat berkunjung ke Korea Selatan. Saya sih belum bisa bandingin, karena emang cuma pernah ke sana pas musim gugur ­čśÇ Kalau mau menikmati musim gugur di Korea, yang sudah pasti wajib itu ke Nami Island lah ya, dan kalau suka hiking bisa ke salah satu gunung di sana, tinggal pilih aja sesuai lokasi dan tanggal peak foliage-nya. Kalau cuma sekitar Seoul aja gimana? Jangan khawatir, tanpa mengkhususkan diri ke tempat tertentu pun, kita tetap bisa liat daun-daun cantik di mana-mana. Continue reading Warna-Warni Musim Gugur di Seoul

Berlayar di Komodo dengan Kapal Phinisi

Berwisata di Taman Nasional Komodo sekarang sudah cukup mudah. Banyak operator menawarkan paket trip LOB (live on board, menginap di kapal) selama 3 atau 4 hari. Itinerary-nya sih umumnya sama, yang pasti ada snorkeling, trekking, dan melihat komodo. Harga paket trip macam-macam, tapi berbanding lurus dengan tingkat kenyamanan kapal. Yang paling umum digunakan adalah kapal kayu medium, dan harganya bervariasi tergantung nginapnya di kabin atau dek, ber-AC atau tidak. Selain kapal medium, ada jenis kapal yang lebih bagus dan bikin saya penasaran yaitu phinisi. Continue reading Berlayar di Komodo dengan Kapal Phinisi

Snorkeling Dengan Arus

Snorkeling adalah kegiatan yang menyenangkan, tapi setiap membaca berita-berita tentang kecelakan snorkeling, rasanya seperti diingatkan lagi bahwa bagaimana pun ini tetaplah kegiatan yang berisiko. Penyebab kecelakaan bisa macam-macam, dari kesalahan alat sampai makhluk laut, tapi salah satu yang umum adalah karena arus. Selama ini saya kalau nulis tentang snorkeling selalu yang bagus-bagusnya aja ya. Sepertinya perlu juga cerita tentang pengalaman yang… bukan buruk sih sebenarnya, tapi cukup mendebarkan juga, supaya orang-orang terutama yang masih baru dengan kegiatan ini bisa berhati-hati juga. Continue reading Snorkeling Dengan Arus

Pengalaman Sewa Kimono di Kyoto

Salah satu kegiatan yang sangat direkomendasikan waktu berkunjung ke Jepang adalah mencoba pakaian tradisionalnya. Di kota-kota besar di Jepang kayaknya selalu ada tempat penyewaan kimono buat turis, tapi yang paling rame di Kyoto. Emang suasana Kyoto yang lebih tradisional, banyak kuil dan kota tua, cocok banget jadi backdrop buat pergi-pergi pake kimono. Continue reading Pengalaman Sewa Kimono di Kyoto

Jalan-Jalan Sehari di Kanazawa

Halo! Saya baru balik dari liburan musim dingin di Jepang. Liburan kali ini mungkin lebih tepat disebut flashpacker daripada backpackeran ya hehe… Karena selain backpack saya bawa koper kecil juga buat baju musim dingin yang tebal-tebal itu, dan nginepnya di hotel-hotel bintang 3 dengan lokasi strategis. Kalau transport sih tetep pake transport umum dan jalan kaki. Di Kanazawa nginepnya di Mystays Premier Kanazawa yang kamarnya oke banget dan lokasinya dekat Kanazawa Station. Continue reading Jalan-Jalan Sehari di Kanazawa

Menyibak Pesona Misool (Bag 1)

Udah lama nih ga jalan-jalan ala si bolang karena “sibuk” hamil dan ngurus anak. Daripada blognya lumutan, saya share salah satu trip yang udah lama tapi belum sempat ditulis aja ya. Pengalaman kedua kalinya ke Raja Ampat kira-kira akhir 2014, kami eksplor bagian selatannya yaitu daerah Misool. Meskipun udah sekira 2 taun yang lalu, daerah selatan ini masih alami dan belum booming kalau dibandingin daerah utara. Mungkin alasan kenapa masih jarang turis ke sana karena daerahnya juga masih belum begitu developed. Jalan-jalan di sana benar-benar cocok buat yang suka wisata alam, tiap hari full trekking dan nyebur. Continue reading Menyibak Pesona Misool (Bag 1)

Perjalanan Darat dari Singapore ke Phuket (Bag 3 – Tamat)

Ini adalah sambungan dari Perjalanan Darat dari Singapore ke Phuket Bag 1 dan Bag 2.

Hari 7-8: Phuket

Ngebahas┬áPhuket sebenarnya agak antiklimaks karena kegiatan-kegiatan asiknya udah┬ádilakukan di Krabi. Tapi ada yang bikin saya penasaran sama Phuket, yaitu kabaret ladyboy *teteup :)) Continue reading Perjalanan Darat dari Singapore ke Phuket (Bag 3 – Tamat)