Rame-Rame ke Raja Ampat (Bag 1)

Akhirnya ke Raja Ampat! *koprol* Sebenernya taun ini ada beberapa trip yang udah lewat lama tapi belum ditulis. Salah satunya trip ke Raja Ampat bulan Januari. Buat diver Indonesia, Raja Ampat ga perlu introduction lah ya… pasti udah pernah ke sana atau lagi pada nabung buat ke sana *saya pun pengen ke sana lagi ikut LOB, heuheu nabung duit dan skill dulu.

Baiklah… sebelum cerita ngapain aja di sana, biasanya waktu orang denger kami ke Raja Ampat ada beberapa pertanyaan yang umum.

Gimana caranya ke sana?

Bandara terdekat dari Raja Ampat adanya di kota Sorong, Papua Barat. Dari Sorong bisa naik kapal cepat umum ke Waisai, ibukotanya Raja Ampat. Dari Waisai sewa kapal buat pergi ke pulau-pulau yang dituju. Atau kalau dengan rombongan bisa juga carter kapal langsung dari Sorong. Tentu carter kapalnya dari jauh-jauh hari.

Kan mahal ya?

Untuk standar liburan di Indonesia sih ya, memang tidak murah. Pertama karena jaraknya emang jauh kalau dari Jakarta. Sama ke Phuket aja jauhan ini lah. Kedua karena Raja Ampat ini pulau-pulaunya tersebar lumayan jauh, jadi mesti sewa kapal lumayan mahal buat keliling pulau-pulau ini. Tau kan kalau bahan bakar di pelosok itu mahal. Bisa aja stay di Waisai sepanjang trip, tapi kayaknya kurang afdol kalau belum mengunjungi pulau-pulau cantik di sekitarnya. Kita bisa menghemat biaya kalau pergi dengan rombongan, jadi bisa sharing cost. Cuma pergi sendiri atau berdua? Sekarang udah ada beberapa EO yang bikin open trip 2-3 kali dalam setaun, jadi 1 orang pun bisa gabung. Contohnya kami ikutan open trip dari @wisatarajaampat. Yeah, dengan sharing cost pun masih lebih murahan ke negara tetangga sih. Tapi percayalah itu memang sebanding dengan keindahannya 🙂

Rombongan Trip

Rombongan Trip bareng @wisatarajaampat

Bisa ngapain aja di sana, selain diving?

Raja Ampat ini identiknya emang buat diving ya, tapi buat yang ga diving juga bagus kok. Selain island hopping dan snorkeling, salah satu tempat yang recommended banget buat dikunjungi adalah Wayag yang letaknya di Raja Ampat bagian utara, sekitar 3 jam perjalanan pake speedboat kalau dari Waisai. Di sini ada gugusan karst yang keren dan kita bisa trekking ke puncaknya. Cuma ya emang ke sini mesti sama rombongan karena sewa kapalnya muahaaal. Di bagian selatan pun katanya bagus-bagus, tapi saya cuma pernah ke utara jadi belum bisa nulis. Hehe…

Wayag

Wayag

Trus nginepnya di mana?

Ada beberapa penginapan dan resort yang tersebar di Raja Ampat. Yang di ibukota tentu lebih murah, tapi yang di pulau-pulau tentu pemandangannya lebih cihuy. Di trip bareng waktu itu kami menginap di KKLD Wayag dan penginapan Kobe Oser di pulau Yenwaupnor. Untuk informasi penginapan-penginapan di Raja Ampat bisa liat di stayrajaampat.com.

Papua aman ga tuh?

Papua itu luas banget lho… Hehe. Yang konflik itu kan biasanya di daerah pedalaman. Sorong ini kota bisnis dan banyak pendatang dari Sulawesi, Jawa, dsb berbaur dengan penduduk lokal. Raja Ampat juga sangat open to tourism, jadi suasananya niscaya kondusif.

Ada yang perlu dipersiapkan ga, minum pil kina gitu?

Hmm… Harusnya begitu ya, tapi kami sih ngga persiapan sampe segitunya dan untungnya baik-baik aja. Hehe… Concern kami yang ga makan seafood lebih ke makannya gimana, karena di sana jarang tersedia protein selain ikan -__- Akhirnya kami bawa beberapa bungkus abon dan sosis untuk asupan protein seminggu. Bahahahaha… Buat yang butuh komunikasi di pulau-pulau jangan lupa bawa hape jadul, karena smartphone Anda akan menjadi dumb phone di sini, susah nangkap sinyal 😀

Okeh, semoga bisa memberikan gambaran tentang cara trip ke Raja Ampat. Kalau masih inget saya sambung detail tripnya di Bagian 2 😛

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s