Month: December 2013

Perjalanan Pertama ke Wakatobi (Bag 2)

Sebenernya perjalanan ke Wakatobi selama 8 hari kemaren bisa dibilang setengahnya abis di jalan 🙂 Tapi emang kami sekalian mau sedikit eksplor tempat lain sih, jadi peribahasanya sambil menyelam dua tiga pulau terlampaui (tuh, bahkan dua peribahasa pun saya singkat jadi satu :p) Akhirnya itinerarynya 3 malam di Wakatobi, 2 malam di Makassar, 1 malam di Bau-Bau, dan 1 malam di tengah laut:

  • Hari 1: Makassar
  • Hari 2: Bau-Bau
  • Hari 3: Wangi-Wangi – Tomia
  • Hari 4: Snorkeling di sekitar Tomia dan Pulau Sawa
  • Hari 5: Diving di Marimabuk dan Table Coral City
  • Hari 6: Tomia – Bau-Bau
  • Hari 7: Bau-Bau – Makassar
  • Hari 8: Fort Rotterdam

Hari 1: Makassar

Bandara Sultan Hasanuddin Makassar

Bandara Sultan Hasanuddin Makassar

Dari Jakarta naik pesawat AirAsia ke Makassar, sampai di Bandara Sultan Hasanuddin Makassar pagi menjelang siang. Begitu keluar pintu kedatangan langsung banyak supir taksi yang memperebutkan kami. Hehe… Tapi kami sih pilih Damri aja. Di loketnya kami bayar per orang 25K, trus turun ke tempat tunggu. Kalo ga salah ada sekitar 15 menit kami nunggu sampai busnya datang. Rute Damri (sesuai yang ditulis di karcis):

Bandara Sultan Hasanuddin – Jl P. Kemerdekaan – Jl. U. Sumoharjo – Jl G.Bawakaraeng – Jl Kartini – Jl Kajoalalido – Jl Arif Rate – Jl Sultan Hasanuddin – Jl Pattimura (Pasar Baru) – Jl Ujung Pandang – Jl Ribura’ne

Perjalanan ke penginapan lumayan juga sampe 1 jam 40 menit. Kebanyakan karena macet sih. Ternyata Makassar itu sangat maju kotanya ya, indikatornya banyak sekali mobil-mobil pribadi sampai macet. Hehe… (beneran ini maksudnya muji lho :D)

Wisma City Inn

Penginapan yang kami booking namanya Wisma City Inn, ada di Jl Ahmad Yani dekat lapangan Karebosi. Cukup dekat juga sama Chinatown yang banyak penginapan-penginapan backpackernya. Kami berhenti di halte terakhir Damri (depan Gedung Kesenian) dan jalan kaki sekitar 300 m sampai ketemu daerah ruko-ruko pinggir jalan yang ada KFC dan Sports Station. Masuk dikit ngelewatin KFC langsung ketemu deh tempatnya.

Penginapan ini kayaknya lumayan baru, jadi masih promo-promo gitu. Kami bookingnya dari booking.com, kamar deluxe dapet 287K per malam. Ehh nyampe sana taunya di depannya ada spanduk, promo kamar deluxe 250K! Tapi kami tetep dapet harga booking.com xD Kamarnya kecil tapi bersih dan nyaman, kamar mandinya juga bagus.

Kamar Wisma City Inn

Kamar Wisma City Inn

Niat awal saya begitu nyampe Makassar mau snorkeling di Samalona yang ga jauh dari Pantai Losari. Tapi kenyataannya nyampe-nyampe ngantuk banget gara-gara kemaren malemnya ga tidur. Bangun-bangun udah sore dan laper.

Mie Titi

Dari penginapan, jalan dikit ke salah satu cabang Mie Titi di Jl Dr. Wahidin. Mie khas Makassar ini mie kering yang disiram kuah kental dengan potongan-potongan daging ayam. Enaaak… Katanya mie kering di Makassar ini selain Mie Titi ada juga Mie Awa, Mie Anto, dan Mie Hengky.

Pantai Losari

Setelah kenyang makan, kami balik lagi jalan ke arah Pantai Losari. Niatnya mau jalan kaki terus ke tempat yang ada tulisan gede Pantai Losari-nya itu, tapi begitu nyampe depan kantor pos ada tukang becak, ya udah becakan 20K ke sana. Hehe… Ga tau segitu standar apa mahal apa murah, tapi jelas menghemat waktu sih, karena emang ga deket-deket amat ternyata :p

Waktu itu menjelang sunset, dan pantainya rame banget… Pantai sekitar sini sih bukan buat maen air. Ada bagian yang warna ijo-ijo limbah gitu malah (walau tetep ada juga anak-anak yang nyebur :D). Tapi lumayan sih buat kumpul, nyemil, duduk-duduk liat sunset gitu.

After Sunset di Losari

After Sunset di Losari

Setelah magrib kami pulang kembali ke penginapan naek angkot kode B. Malamnya saudara yang di Makassar berkunjung ke penginapan dan ngajak keliling. Jam 10 malam tuh masih rame aja ya di sana, dan masih macet terutama jalan ke arah pantai. Katanya sih kalau malam minggu gitu emang rame, tempat makan dan nongkrong dekat pantai buka sampai jam 2 pagi.

Hari 2: Bau-Bau

Pagi-pagi check out buat ngejar pesawat Merpati ke Bau-Bau. Karena pengen cepet dan takut macet, kami naek taksi aja lewat jalan tol, tarif 120K (dimahalin dikit sama supirnya :p)  Nyampe bandara lumayan cepat, beda sama waktu datang kemarin.

Penerbangan Makassar – Bau-Bau ini pertama kalinya saya naik pesawat baling-baling. Pernah denger juga sih orang-orang bilang serem naik pesawat gini goyang-goyang, bikin mual, dsb. Beruntunglah kami cuaca waktu itu bagus, jadi malah lebih asik karena sepanjang jalan bisa ngeliat pemandangan pulau-pulau bagus dengan lebih jelas.

Pemandangan menuju Bau-Bau

Pemandangan menuju Bau-Bau

Penerbangan ke Bau-Bau sekitar 1 jam. Pesawat kami mendarat di Bandara Betoambari Bau-Bau. Di tempat ambil bagasi ada tulisan semacam gini: untuk keamanan, pakailah transport resmi bandara. Karena pengen tau, kami tanya ke petugas bandara, transport resminya di mana. Lalu beliau panggil temannya, salah satu penduduk lokal yang nawarin transport di pintu keluar. Lho ini kayaknya ga resmi juga deeeh :)) Rencana kami malamnya mau ikut kapal ke Wangi-Wangi. Tujuan utama kami Tomia sih, tapi hari itu (Minggu) ga ada jadwal kapal langsung ke sana. Karena masih lama, kami mau sewa mobil (plus supir/guide) buat keliling kota Bau-Bau. Setelah nego dapat 300K untuk sewa sampai malam.

Benteng Kesultanan Buton

Benteng ini konon terluas di dunia. Entahlah, kalo ga percaya silakan ukur sendiri :p Letaknya ada di daerah bukit, jadi dari benteng ini bisa liat pemandangan kota dan laut sekitar Bau-Bau.

Salah satu sudut di Benteng Kesultanan Buton

Salah satu Gerbang di Benteng Kesultanan Buton

Btw hati-hati kalau mau duduk-duduk atau berdiri di tepi benteng, soalnya kata guide kami (dan dengar percakapan pengunjung lain) pernah ada orang pacaran tewas karena jatuh dari situ.

Pantai Nirwana

Jalan ke pantai ini agak jauh. Pantainya lumayan bagus dan terawat. Di sini banyak abege nyebur, ada juga rombongan yang bakar ikan. Kami sih nongkrong ga jelas aja di bale-bale pinggir pantai berhubung ga ada persiapan buat basah-basahan. Sayang waktu ke pantai ini turun hujan, kalau cuaca cerah pasti lebih bagus warnanya.

Pantai Nirwana di hari yang mendung

Pantai Nirwana di hari yang mendung

Patung Naga

Patung naga ini salah satu ikonnya Bau-Bau, dan terdiri dari 2 bagian: kepalanya di pantai, ekornya di gunung. Hmm… ngebayangin seandainya pas tanah digali ketemu badan naganya :)) Ekornya ada di depan kantor pemerintahan, sedangkan kepalanya di dekat daerah pelabuhan.

Ekor Naga membelah langit

Ekor Naga membelah langit

Kepala Naga

Kepala Naga

Setelah keliling-keliling dan mulai lapar, kami dibawa ke rumah makan Family dekat patung kepala naga. Ayam bakarnya enakkk… agak-agak kayak taliwang tapi lebih mild dan pake sambel tomat.

Sebenarnya ada beberapa objek wisata lain di Bau-Bau, seperti Air Terjun Tirta Rimba dan Goa Lakasa. Tapi kata abang guide, air terjunnya lagi kering. Kalo buat goa, saya baca-baca sih treknya lumayan lama dan kayaknya basah-basahan juga, jadi skip dulu.

Penginapan Marannu

Karena kami udah ga tau mau ke mana padahal hari masih sore, kami minta didrop aja di penginapan murah yang bisa buat istirahat sambil nunggu. Penginapan Marannu ini letaknya ga jauh dari patung kepala naga. Kami sewa sebuah kamar sederhana 50K, fasilitasnya kasur mungil dan kipas angin aja. Lumayan buat leyeh-leyeh sampai malam. Nanti pas mau ke pelabuhan malamnya baru kami hubungi abang guidenya lagi minta jemput. Sebenernya dari situ jalan kaki pun bisa sih, cuma kalo bisa dianter ya dianter aja :))

Pelabuhan Murhum

Malamnya, jadwal kapal berangkat jam 9. Kami stand-by di sana sekitar jam 7. Awalnya bingung juga sih bayarnya gimana berhubung kami mau sewa kamar ABK (siangnya udah ngomong sama seorang awak kapal), trus kok kayaknya orang naik-naik aja ya, ga ke loket gitu. Ternyata beli tiketnya di seorang awak kapal/petugas tiket yang keliling di kapal sebelum berangkat, per orang 125K. Buat bayar sewa kamarnya nanti ditagih terpisah sama ABKnya pas udah mau nyampe. Oooh begitu…

Kamar ABK dengan seprai Naruto

Kamar ABK dengan seprai Naruto

Btw, fasilitas standar kapal ini ada matras buat tiap penumpangnya. Wajar, soalnya emang bakal semalaman di laut. Perjalanan ke Wangi-Wangi sekitar 8 jam, jadi sampai sana besok paginya. Biasanya yang mau naik kapal ini sebelumnya udah datang buat naruh barang atau lipat matras buat nge-tag tempat. Saya pilih sewa kamar ABK dengan pertimbangan tempat matrasnya itu terbuka dan kami semalaman di tengah laut, jadi harapannya di kamar lebih terlindungi dari terpaan angin malam (dan asap rokok barangkali). Ternyata sewa kamar ini ga sepenuhnya ide bagus. Kenapa? Well… Di kapal ini lumayan sering liat kecoa. Berhubung saya bukan penggemar kecoa, jadi parno juga pas mau tidur takut dirayapin kecoa. Kalo di tempat terbuka kan kecoanya bisa terbang aja ya xD

Eniwei, kapalnya ternyata baru berangkat jam 10 malam. Begitu berlayar menjauh dari kota… wuih bagus banget pemandangan langitnya, bintang-bintang bertaburan gitu. Tapi ga lama-lama liat di luar, karena keanginan. Hehe… Saatnya tidur dan berharap besok sudah bisa melihat Wakatobi… (bersambung ke bagian 3)