Dimulai Dari Sabang (Bag 2)

Sekarang saya mau sharing soal itinerary selama trip ke Sabang. Sebenernya trip 6 hari di Aceh ini ga cuma ke Sabang, tapi juga ada sedikit icip-icip wisata di sekitar Banda Aceh dan Aceh Besar.

Sebelum saya tulis panjang lebar, ini summary-nya:

• Hari 1: Lhok Nga dan Banda Aceh
  • Hari 2: Iboih
  • Hari 3: Diving di Seulako
  • Hari 4: Pantai Gapang, pusat kota Sabang, dan Tugu Km 0 Indonesia
  • Hari 5: Snorkeling di Iboih
  • Hari 6: Museum Tsunami Aceh

Hari 1: Lhok Nga dan Banda Aceh

Hari pertama berangkat dari Bandung, naek bus Primajasa pagi buta ke bandara Soekarno-Hatta buat ngejar flight pagi Lion Jakarta-Banda Aceh. Kami sampai di bandara Sultan Iskandar Muda di Aceh siang-siang dan dijemput saudara. Kalau pake transport publik, katanya ada taksi yang bisa nganter ke pusat kota atau ke pelabuhan dengan tarif resmi. Dari bandara kami istirahat dulu di rumah saudara.

Pantai Lhok Nga

Tadinya rencana kami sore-sore mau liat Pantai Lampuuk, tapi ternyata pantainya lagi ditutup. Jadinya kami motoran ke Pantai Lhok Nga yang ada di Aceh Besar, ga jauh dari Banda Aceh. Sepanjang perjalanan, pemandangannya amaaaziiing.

Pemandangan sekitar Lhok Nga

Pantai Lhok Nga ini karakteristik tepi pantainya berkarang. Kayaknya bukan tempat orang main air, lebih ke santai-santai liat sunset. Katanya sih di sana juga bisa surfing. Yang menarik ni, daerah pantai subur penuh rerumputan dan di belakang ada bukit hijau. Kalo poto lebih mirip di gunung daripada pantai πŸ˜€

Duduk-duduk di tepi pantai Lhok Nga

Keliling Banda Aceh

Malemnya kami motoran berdua aja keliling Banda Aceh. Bawa buku nikah tentunya, jaga-jaga kalau ada polisi syariah πŸ˜› Kesan saya soal kotanya: sepi. Hehe, jarang hiburan juga sih. Jalan di pusat kota lebar dan mulus, kalo bandingin jalanan di sana sama di Bandung sih, yaa bagaikan kulit Asmirandah dan kawah bulan 😐 Sebenernya kami lewat mesjid Baiturrahman, tapi ga mampir karena kata kakak, cewe mesti pake rok di sana πŸ˜›

Mumpung di Aceh, saya mesti nyobain roti canai di sana. Pergilah kami ke Canai Mamak Kuala Lumpur di Jl Teuku Umar.Β  Rame juga tempatnya, dan canainya yummy… πŸ˜€

Canai Mamak

Canai Mamak + Teh Tarik Halia

Hari 2: Iboih

Kami berangkat pagi-pagi ke pelabuhan Ulee Lheue dianter saudara lagi. Untuk transport publik bisa pake becak motor. Tempatnya ga jauh dari pusat kota, plus ga ada macet. Kapal cepat ke pelabuhan Balohan Pulau Weh ada yang pagi dan ada yang sore. Kami ikut kapal Pulo Rondo jam 9.30 pagi. Beli tiket di tempat aja 1 jam sebelum berangkat. Kelas ekonomi harganya 60K, VIP 85K.

Kapal Pulo Rondo di pelabuhan Ulee Lheue

Interior Pulo Rondo kelas VIP

Pulau Weh dari atas kapal

Pemandangan Pulau Weh dari jauh

Begitu keluar kapal di pelabuhan Balohan Pulau Weh, udah ada orangΒ  yang nawarin transport pake Kijang. Harga ke Iboih standar 50K per orang. Sistem angkutannya, masing-masing penumpang dianter sampe tempat tujuan.

Iboih Inn

Penginapan-penginapan di Iboih hampir semuanya pinggir tebing depan laut, jadi ga bisa masuk kendaraan. Sampe ke tempatnya either lewat jalan setapak naik bukit, atau sekalian lewat laut. Iboih Inn punya dermaga sendiri, jadi dari dermaga pantai Iboih, kami dijemput pake boat ke dermaga Iboih Inn. Nyampe deh ke penginapan.

Menuju dermaga Iboih Inn

Btw, di Iboih katanya banyak penginapan buat backpacker yang ratenya 100K bahkan kurang. Tapi karena judulnya honeymoon, ya jangan pelit-pelit amat lah. Haha… Kami booking kamar sea view Iboih Inn 350K per malem, lebih mahal dibanding harga penginapan sekitarnya, tapi bener-bener worth it. Dari balkon bisa langsung liat air jernih dan Pulau Rubiah di seberang lautan. Keliatan ikan-ikan Dory berenang di depan kamar.

Balkon kamar sea-view Iboih Inn

Kegiatan hari pertama di Iboih, kami cuma leyeh-leyeh, snorkeling dan berenang depan penginapan aja sambil nikmatin pemandangan yang bener-bener bikin seger mata.

Dermaga Iboih Inn sore-sore

Hari 3: Diving di Seulako

Untuk diving, kami pilih operator Rubiah Tirta Divers di Iboih. Total 2 dive 475K buat yang udah punya license, udah termasuk full equipment. Saya minta dive yang santai aja, mengingat kami kan udah 1,5 taun ga diving dan baru 11 kali dive juga. Akhirnya kami dibawa ke dive spot West dan East Seulako.

Di Seulako kami banyaknya ketemu moray eel, lionfish, stone fish, dan macem2 nudibranch. Beneran deh moray eel-nya banyak bener, ada yang ampe satu lubang diisi 2 moray eel. Dan malemnya pas kami duduk-duduk depan pantai, ada moray eel segede paha berenang aja gitu di sekitar bebatuan di depan penginapan o_O

Btw ada kisah sedih pas diving. Kamera D10 saya yang emang udah 6 kali dipaksain diving dan selamat, kali ini matek gara-gara diving pertama -___- Untungnya memory card ga kenapa-napa, dan sempet poto underwater berdua (walaupun posenya cupu sih, huks…)

Yang penting ada poto diving berdua -__-

Eh, itu di gambar kami pegang karang soalnya surge di atas lumayan narik, jadi mesti pegangan ke something safe. Aslinya sih, jangan asal pegang apa-apa underwater ya, apalagi stone fish 😐

Karena udah kepanjangan, hari berikutnya lanjut bagian 3.

Note: poto-poto kecuali underwater punyanya suami πŸ˜€